3 Langkah Mudah Menentukan Target Audience

Written by Yudhis
on Juni 9, 2020

Sebagai Facebook advertiser, tentunya kita sudah tau bahwa Facebook ads itu platform beriklan yang sangat powerfull.

Kita bisa mentargetkan iklan kita ke orang orang dengan kriteria yang kita tentukan sendiri. Misalnya umur, gender, lokasi, minat, dan masih banyak lagi.

Tapi ternyata, justru banyak advertiser yang boncos dan hasilnya tidak sesuai harapan.

Kenapa?

Ternyata salah satu masalahnya adalah.. kita sering kali kita bingung apa kriteria audience yang cocok bagi produk kita.

Banyak pertanyaan seputar ini yang masuk ke inbox saya, dan saya bosen menjawabnya.

Mereka menanyakan hal hal seperti ini, misalnya

"mas saya jualan produk speaker alquran, interestnya apa ya", atau,
"mas saya, jualan batik, interest nya apa ya?", atau,
"mas, saya jualan properti, interestnya apa ya?"
dan lain sebagainya.

Kebanyakan orang langsung tertuju pada parameter apa yang harus di masukan di Facebook.

Langsung mikirin bagian teknisnya.

Padahal,,

Kunci menentukan target audience adalah:

Mengenali fitur dan benefit produk anda dengan baik.

Karena dengan cara ini, anda bisa mengetahui dengan jelas siapa orang orang yang berpotensi membeli produk anda nantinya.

Penasaran? Yuk kita bahas..

Step 1: Kenali fitur dan benefit produk

Fitur adalah apa yang dimiliki suatu produk.

Misalnya: ukuran, warna, kemasan, bentuk, fungsi, kandungan, dll

Sedangkan benefit adalah manfaat yang dirasakan dari sebuah fitur.

misalnya, ukuran laptop yang kecil (fitur), membuat lebih portabel (benefit/manfaat)

Kita ambil contoh misalnya produk batik

Fitur => benefit

  • pakaian jadi (fitur) => lebih hemat dan praktis tidak perlu jahit sendiri (benefit)
  • kain (fitur) => bisa jahit sendiri sehingga ukuran bisa lebih pas di badan (benefit)
  • motif elegan (fitur) => kesan mewah, meningkatkan status sosial (benefit)
  • warna pink => kesan feminim
  • ukuran kain yang besar => bisa bikin banyak baju motif yang sama

Selanjutnya,

Step 2: Siapa yang akan terbantu dengan benefit produk tsb?

Jadi setelah kita membuat daftar fitur dan benefit dari produk kita, sleanjutnya adalah mencari tau sipa orang yang akan terbantu dengan benefit produk tsb.

Benefit -> untuk siapa?

  • Hemat dan praktis -> pegawai kantoran dengan gaji pas-pas an yang mana setiap jumat di wajibkan pakai batik, misalnya guru, PNS 
  • Ukuran lebih pas di badan -> orang gendut, atau orang berbadan bagus yang lebih suka pakaiannya body fit. (body building, gym, fitness), dll
  • motif elegan -> orang2 kaya, orang dengan status sosial yang tinggi, misalnya, pekerjaan pendapatan yang diatas rata2, misalnya dokter, lawyer, pebisnis, dll. atau Orang yang berminat terhadap merek2 mahal, misalnya gucci, hermes, dll
  • warna pink -> cewek feminim
  • bisa bikin banyak baju motif yang sama -> keluarga, sudah menikah, punya anak, guru, mau menikah, dll

Nah sudah dapat idenya?

Selanjutnya nya barulah kita berbicara hal teknis. Yaitu...

Step 3: Menerjemahkan ke Bahasa yang di mengerti Facebook.

Seperti yang kita tau, di Facebook kita bisa menentukan orang2 yang akan melihat iklan kita dengan berbagai kriteria, misal usia, gender, lokasi, minat, perilaku dan masih banyak lagi.

Misalnya: 

target market utk pakaian batik jadi adalah PNS

Dalam bahasa Facebook berarti:

  • Usia 25-34 -> range umur ini kita asumsikan belum lama bekerja, gajinya masih pas pas an.
  • Gender: pria dan wanita
  • Lokasi: di seluruh indonesia atau hanya di pula jawa, atau hanya di kota besar
  • Minat: Batik dan PNS 


Jadi untuk memasarkan batik di Facebook tidak harus yang kita ketik kan adalah kata kunci seputar batik saja. 

Anda bisa mengetikkan berbagai kata kunci interest yang menggambarkan kriteria target market anda. 

misalnya untuk mentarget

  • orang gendut = anda bisa explore ke interest weight loss dan diet
  • orang fitness = anda bisa explore interest bodybuilding, physicall exercisem gym, fitness
  • orang kaya = anda bisa explore minat terhadap brand premium, pengguna smartphone premium, tinggal di kota besar, usia mapan 35+
  • keluarga = anda bisa explore relationship status menikah, behaviour: orang tua, punya anak, usia 30+, dll
  • feminim: anda bisa explore seputar hijab, drama korea, dll

Selanjutnya kita akan membuat ad copy yang sesuai dengan masing2 target market tersebut.

Semoga sekarang lebih paham bahwa untuk menentukan target audience dari sebuah produk, tidak harus menggunakan interest yang berhubungan dengan produk kita.

Mengenal fitur dan benefit produk menjadi kunci utama yang menentukan kepada siapa produk itu akan kita pasarkan.

Selanjutnya barulah kita menterjemahkan target market kita ke bahasa yang dimengerti Facebook.

Di sinilah kita akan memanfaatkan adsumo untuk mempermudah menemukan aduience kita di Facebook.

Semoga bermanfaat.