Sebuah riset yang dilakukan oleh simply measured menunjukkan sebuah fakta menarik tentang pentingnya hashtags di Instagram:
Post yang sedikitnya menggunakan 1 hashtags aja, bisa mendapatkan like dan komentar 12.6% lebih banyak daripada post tidak menggunakan hashtags sama sekali karena menjangkau lebih banyak orang.
Itu artinya dengan penggunaan hashtags yang tepat, bisa membuat brand kita lebih dikenal karena bisa menjangkau orang orang yang belum menjadi follower.
Anda mungkin sering melihat, beberapa kata yang di awali dengan tanda pagar (#) di sebuah postingan di sosial media. Itulah yang dinamakan tagar atau hashtag.
Hashtag adalah sebuah “label” untuk mengelompokkan konten Instagram sesuai dengan topiknya.
Misalnya ketika kita menuliskan hashtags #marketing , maka Instagram dapat mengetahui topik postingan kita dan menyebarkannya ke orang dengan minat marketing.
Sekarang Instagram memiliki fitur follow hashtags. Pengguna bisa mendapatkan konten sesuai hashtag yang menarik bagi mereka.
Selain itu, hashtags juga berfungsi sebagai kata kunci di search engine Instagram. Pengguna dapat mencari dan menemukan konten yang menarik dengan menggunakan hashtag.
Sehingga dengan menggunakan hashtag yang sesuai, postingan kita bisa ditemukan pengguna instagram yg belum menjadi follower kita.