Cara Membuat Bio Instagram yang Menarik

Written by Yudhis
on Mei 10, 2019

Bio adalah bagian dimana Anda menyambut orang yang mengunjungi profile anda dan membuat mereka tertarik menjadi follower anda.

Mereka ingin jadi follower bukan karena mereka care atau pengen tau tentang anda. 

Ingat aturan nomor #1 dalam copywriting:

No One Cares About You.

Mereka nggak peduli apa menu makan anda hari ini. Yang mereka inginkan adalah sesuatu yang bisa memberikan manfaat bagi mereka.

Oleh karena itu, buatlah Bio Instagram yang menarik dari kacamata orang yang membaca sehingga makin banyak orang yang tertarik dan menjadi follower anda.

a. Beritahu Apa yang anda posting dan Manfaatnya

Jangan hanya beritahu apa yang akan anda posting, tapi juga manfaatyang akan mereka dapatkan / rasakan ketika menjadi follower Anda.

Misalnya:

  • “Video lucu setiap hari (apa yg diposting). Dijamin ngakak guling guling. (manfaat)”
  • “Hijab kekinian (apa yg diposting) yang bikin kamu makin cantik menawan (manfaat yang dirasakan).”

Agar lebih mengena, anda juga bisa menambahkan transformasi atau perubahan positif yang akan terjadi dari manfaat yang sampaikan.

Misalnya:

  • “Resep masakan indonesia (apa yg diposting), inspirasi ibu memasak enak dan yummy (manfaat), agar makin disayang suami(transformasi)”

b. Kenalkan siapa anda, profesi anda, atau apa yang anda lakukan

Untuk akun personal:

Tulis profesi anda atau apa yang anda kerjakan. Misalnya blogger, marketer, dokter, coach, fotografer, arsitek, fitness instructor, dll.

Karena pada dasarnya orang suka menjalin relasi dan berteman dengan orang-orang yang mirip / se-profesi dengan mereka.

Selain itu jika anda profesional / menawarkan jasa (dokter, coach, laywer, desainer, artitek, dll) maka calon klien akan mengetahui bahwa anda adalah orang yang mereka butuhkan.

Untuk akun Bisnis:

Anda bisa mengenalkan visi, misi, value bisnis atau keunggulan produk anda. Usahakan tetap dikemas dari sisi manfaat untuk orang yang membaca.

Salah satu contoh bio untuk bisnis yang bagus yaitu @unileveridn dan @vanillahijab.

Unilever menuliskan di bio, mereka tidak hanya memposting info terbaru seputar perusahaan tapi juga memberikan tips gaya hidup ramah lingkungan dan sosial. Sesuai dengan misi mereka.

VanillaHijab adalah sebuah brand yang menjual hijab. Dalam bionya mereka menyampaikan manfaat ganda:

  • Bagi yang tidak membeli produk, post vanillahijab bisa menjadi inspirasi gaya berhijab setiap hari, melalui tagline: “Inspirasi harimu!”
  • Bagi yang membeli produk di vanillahijab, berarti turut serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial.

c. Gunakan Emoji Pada Bio, tapi jangan berlebihan

Emoji bisa membuat bio instagram anda lebih “hidup” dan menarik. Berikut ini beberapa kegunaan emoji pada Instagram bio:

  • Menarik atensi / perhatian orang. Misalnya 
  • Memberi emosi / ekspresi. Misalnya, dengan menuliskan emoji  memberikan kesan bahwa anda orang yang ramah dan bersahabat.
  • Menggantikan kata agar bio anda lebih ringkas dan singkat. Misalnya untuk penulisan email , telepon , lokasi alamat , dll
  • Menjadi simbol bullet poin, misalnya , , 
  • Memperjelas ajakan / call to action, misalnya: Klik link di bawah 

d. Ringkas dan Jelas

Anda hanya punya 150 karakter disini. Jika ada banyak info yang ingin anda sampaikan, Anda bisa menuliskannya dalam bentuk bullet poin / list

e. Sertakan kalimat ajakan (Call to Action).

Misalnya:  

  • “Yuk Follow kami dan dapatkan tips kesehatan setiap hari”
  • “Download tips sehat di link berikut ini”
  • “Gunakan hashtag #brandanda untuk di repost.”
  • “Add Line kami di @linekami.”