Riset Niche dan Kompetitor

Written by Yudhis
on April 21, 2019

Bagi Anda yang berminat membangun akun instagram untuk bisnis, pastikan melakukan riset kompetitor atau akun selebgram dengan topik yang sama sebelum mememulai.

Riset niche ini akan membantu anda mengetahui gambaran tentang topik yang dipilih dan konten seperti apa yang disukai oleh kebanyakan orang. Sehingga dalam membangun akun instagram nantinya anda memiliki tujuan yang jelas, terarah, dan bsia mendapatkan banyak follower.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar kata kunci yang berhubungan dengan bisnis anda. Pikirkan:

  • Bisnis/produk anda termasuk dalam sektor / bidang / niche apa
  • Apa manfaat produk anda
  • Kriteria orang yg merasakan manfaat produk anda
  • dsb

Setelah itu, buat daftar kompetitor dan hashtag.

Gunakan fitur pencarian Virol

Misalnya jika anda ingin membangun akun tentang travelling, maka kata travel cocok kita gunakan untuk memulai pencarian. Masukan kata kunci yang sesuai dengan bisnis anda di kotak pencarian Virol.

Catat akun selebgram, hashtag dan lokasi yang sesuai dengan bisnia Anda.

  • 20 akun selebgram (akun yang punya banyak follower) => kita bisa pelajari bagaimana mereka membuat profil IG mereka agar terlihat menarik, perhatikan konten2 yang mendapatkan banyak interaksi dan di sukai oleh follower.
  • 20 hashtags yang menarik => akan kita eksplor lebih lanjut.
  • 20 lokasi yang sesuai dengan bisnis anda

Anda tidak perlu terlalu memusingkan kompetitor atau hashtag mana yang akan anda catat. Intinya sih, catat saja dulu yang sekiranya relevan dengan bisnis Anda.

Daftar ini fungsinya untuk memudahkan kita melakukan eksplorasi lebih lanjut yang akan dibahas di artikel berikutnya.