Kenapa menggunakan Adsumo untuk riset audience?

Written by Yudhis
on Mei 6, 2020

Banyak diantara advertiser berpikir bahwa ad copy, banner, atau video adalah hal terpenting dari sebuah iklan.

Tapi faktanya adalah, sebagus apapun materi iklan anda,

Jika anda mentarget orang yang salah maka tidak akan ada penjualan.

(Bayangkan anda jualan makanan kucing ke orang yang tidak punya kucing. Susah banget untuk bisa dapetin sales bukan?)

Jadi suksesnya iklan Anda bergantung pada siapa yang melihat iklan.

Atau, Bahasa kerennya adalah target audience.

Di Facebook, Anda dapat menentukan target audience berdasarkan usia, gender, lokasi, minat, dan masih banyak lagi..

Salah satu yang paling fitur yang paling powerful dari Facebook ads adalah kita bisa mentarget orang berdasarkan minat, perilaku, dan demografi melalui kolom detailed targeting.

Hal ini memungkinkan karena Facebook merekam semua aktifitas yang dilakukan penggunanya.

  • Saat kita melengkapi profile kita, ngisi usia, gender, tempat tinggal, universitas, jurusan, tempat bekerja, jabatan, dll -> kita setor data pribadi
  • Saat kita menyukai Fanspage kucing, kita dikategorikan sebagai pecinta kucing.
  • Saat kita sering berinteraksi dan komentar di posts yang bertopik bisnis, kita dikategorikan berminat dengan topik bisnis.
  • Kita akses Facebook melalui iPhone, kita dikategorikan sebagai pengguna iPhone.
  • dan masih banyak lagi.

Semua perilaku dan aktifitas pengguna direkam, diolah, kemudian suguhkan kepada advertisers seperti kita agar kita bisa menargetkan iklan pada orang orang yang tepat.

Hal ini terlihat sangat efektif...

Tapi faktanya, banyak advertiser yang budget iklannya terbuang dan hasilnya tidak sesuai harapan.

Kenapa?

Karena sering kali mereka tidak tau menentukan apa kriteria audience nya.

Terutama saat mengisi kolom detailed targeting, mereka bingung harus di isi apa.

Selain itu, Facebook terkenal pelit dalam nampilkan datanya.

Saat kita mengetikkan kata kunci di kolom detailed targeting, hanya muncul sekitar 20-30 hasil saja.

Dan tahukah Anda?

Per april 2020 ini, tercatat ada 8 juta advertiser yang aktif beriklan di Facebook.

Dan kabar buruknya adalah kita semua disuguhi data interest yang sama!

Ini membuat audience jenuh karena di bombardir oleh berbagai penawaran iklan yang hampir sama.

Akhirnya dengan kompetisi yang tinggi, biaya iklan pun menjadi lebih mahal, dan konversi pun jadi kurang optimal.

Karena bisa jadi target audience anda sudah melihat iklan kompetior anda, dan sudah beli dari mereka.

Itu sebabnya kami menciptkan adsumo untuk membantu anda menggali ribuan ide target audience yang mungkin kompetitor anda tidak tau.

Dengan adsumo, riset audience bisa cepat dan efektif, sehingga waktu Anda tidak habis dan bisa lebih fokus kembangkan bisnis.

Sehingga harapannya, performa iklan dan penjualan pun bisa meningkat.