Riset Hashtag Andalan Suatu Akun Instagram

Written by Yudhis
on April 20, 2019

Ada banyak tehnik dalam riset hashtag di Instagram. Tapi yang jelas, riset hashtag di instagram memiliki tantangan tersendiri:

  • Kita harus mencoba secara trial dan error, untuk mencari tau hashtag mana yang paling efektif (membuat postingan kita masuk top post) dan menjangkau banyak orang.
  • Selain itu, instagram juga tidak menyediakan data volume pencarian dan jumlah follower hashtags.

Maka cara terpraktis dalam riset hashtag adalah dengan mencontek menganalisa hashtag yang sering digunakan oleh suatu akun Instagram yang memiliki banyak follower (selebgram).

Kenapa?

Logikanya sederhana.

Jika suatu hashtag sering digunakan oleh selebgram, kemungkinan besar hashtag tsb memberikan dampak yang signifikan untuk meningkatkan daya sebar postingan. (klo ga ada efeknya ga akan sering digunakan)

Nah dengan virol kita bisa dengan mudah mencari tau hashtag yang digunakan suatu akun Instagram hanya dengan 2 langkah mudah.

1. Jalankan tool Insights

Dengan cara klik tombol insights di sebelah tombol follow di halaman akun instagram yang kita kunjungi.

 

2. Pilih menu hashtags dan lihat hasilnya

Disini kita bisa melihat data hashtag dalam bentuk tabel dengan 5 kolom:

  1. Kolom pertama (paling kiri): checkbox untuk memilih hashtag yang akan kita copy atau simpan.
  2. Hashtags name yaitu hashtag yang ditemukan oleh virol di caption suatu akun instagram. Untuk hashtag yang ditulis di komentar belum bisa di deteksi oleh virol.
  3. Hashtag popularity yaitu Jumlah post di seluruh Instagram, yang menggunakan hashtag yang dimaksud. Anda bisa mengklik angka di kolom ini untuk membuka halaman hashtagnya di Instagram.
  4. # Post Found yaitu jumlah post yang ditemukan Virol di halaman yang sedang dianalisa yang menggunakan hashtag yang dimaksud. Anda juga bisa mengklik angka di kolom ini untuk melihat post yang ditemukan oleh Virol yang menggaunakan hashtag ini.
  5. % Usage yaitu persentase perbandingan jumlah post yang mengandung hashtag yang dimaksud, dibandingkan seluruh post yang ditemukan virol di halaman yang kita analisa. Semakin besar persentasenya, semakin sering digunakan.

Lalu hashtang mana yang dipilih?

Tentu saja hashtag yang paling penting adalah hashtag yang paling sering digunakan yaitu hashtag yang % usage nya tinggi.

Tapi dalam penggunaannya nanti, kita harus menggunakan hashtag yang relevan dengan konten yang kita posting, dan juga memperhatikan ukuran hashtag / popularitasnya.

Baca juga: Cara memilih hashtag di Instagram

3. Pilih dan Simpan Hashtag

Klik checkbox (tanda contreng) di kolom pertama lalu klik tombol saved caption.

Kita juga bisa memilih beberapa hashtag sekaligus (shift select) dengan menekan tombol shift sebelum klik checkbox nya.