Riset Target Audience Dengan Framework 5W 1H

Written by Yudhis
on Juni 26, 2020

5W 1H adapah framework pertanyaan dasar untuk mempelajari sesuai dengan sangat sistematis. Dan framework ini bisa kita gunakan untuk mempelajari target audience untuk produk yang kita juga.

What

Ini berkaitan dengan produk yang kita jual. Yaitu apa fitur dan benefit dari produk kita.

Fitur adalah apa yang ada di sebuah produk. Misalnya fungsi, kandungan, warna, berat, dll

Benefit adalah apa manfaat dari sebuah fitur yang akan dirasakan oleh pengguna / pembeli.

Nah kita bisa menentukan siapa target audience untuk produk kita berdasarkan benefit dari produk.

Misalnya, kita jualan produk laptop yang berukuran kecil (fitur), benefit dari ukuran kecil ini membuat laptop tsb mudah di bawa kemana mana.

Nah dengan demikian, produk ini cocok untuk orang orang dengan mobilitas tinggi. Misalnya pebisnis yang sering bepergian.

Who

Ini berkaitan dengan siapa yang membeli produk kita nantinya.

Penggunanya langsung, atau orang lain?

Jadi pembeli produk belum tentu penggunanya. Buyer belum tentu user.

Misalnya, produk perlekapan bayi.

Pembelinya bisa jadi orang yang baru melahirkan, atau teman2nya yang ingin memberikan kado.

Contoh lain yaitu produk untuk anak2, yang membelikan adalah orang tuanya.

Where

Dimana tempat terbaik untuk menjangkau target audience kita?

Jangan terpaku pada 1 saluran marketing saja.

Misalnya mau jualan bahan bangunan, tapi promosinya di paksakan paka Facebook ad.

jadi kita harus benar2 memahami produk kita ini paling cocok dipasarkan lewat saluran apa. Karena setiap saluran pemasaran itu punya karakter pembeli yang berbeda.

Facebook, cocok bila produk kita itu berhubungan dengan minat. Cocok untuk memasarkan produk yang orang gak terpikir atau gak punya rencana untuk membelinya, tapi ketika ditunjukkan produknya, orang tersebut jadi pengen beli.

Sedangkan google dan marketplace, cocok untuk memasarkan produk yang pembeliannya direncanakan.

Misalnya pompa air di rumah saya ruysak, tentu saya tidak mencarinya di Facebook. SAya akan akan mencari di Google atau marketplace.

Jadi intinya, boleh semua saluran pemasaran kita gunakan, tapi harus ada fokus utama mana yang akan kita maksimalkan, yaitu yang paling sesuai dengan produk kita.

Why

Mengapa orang membeli produk kita? ada beberapa alasan

  • Untuk digunakan
  • untuk disimpan (barang koleksi, untuk investasi)
  • untuk diberikan ke orang lain
  • untuk dijual lagi

Dengan mengetahui alasan orang beli, kita bisa memetakan target audience kita lebih luas lagi.

Misalnya kita jualan buku, kita bisa menjadikan angle promosi "lengkapi koleksi buku bisnis anda" sebagai andle promosi ke orang2 yang memang suka koleksi buku. (ada interest nya di Facebook)

Selain itu alasan yang paling penting yang harus anda jawab adalah, kenapa orang harus beli ke anda. bukan ke penjual lainnya.

riset membuktikan bahwa 80% orang beli karena suka dengan penjualnya. Maka dari itu berikan nilai tambah sebisa anda. Misalnya ada bonus, chat yang fast respon, dll

When

anda harus tahu kapan calon pembeli anda melakukan pembelian?

Jika anda mentarget orang kantoran, maka besar kemungkinan penjualan akan naik pada tanggal gajian.

Selain itu, ada produk yang pada momen2 tertentu bisa sangat naik penjualannya karena demand yang tinggi.

Misalnya

  • produk baju muslim di bulan ramadan,
  • produk alat tulis, sepatu dan tas anak saat menjelang tahun ajaran baru,
  • masker dan hand sanitizer saat awal pandemi corona.
  • Sepeda saat berakhirnya PSBB

dan sebagainya.

Kenali apakah ada momen2 tertentu yang bisa membuat produk ada lebih diminati. Untuk ini anda bisa gunakan google trend

How

Setelah kita menemukan kriteria orang yang cocok untuk produk kita, kita harus bisa menerjemahkan kriteria target audience kita tadi ke bahasa yang di mengerti masing2 saluran pemasaran.

Jika kita menggukan google utk pemasaran, kita harus tau kata kunci apa saja yang di gunakan oleh target market kita untuk melakukan pencarian.

Jika kita menggunakan Facebook, kita harus bisa mendeskripsikan kriteria target audience kita berdasarkan rentang umurnya, gender, tempat tinggal minat, dan perilaku mereka.